Lahan perkebunan sudah disiapkan di Tanah Putih

Bupati Lingga datangkan ribuan bibit tanaman buah dari Majalengka

Bupati Lingga Alias Wello menunjukkan hasil pertanian jambu batu kristal yang akan dibudidayakan sebagai komoditas unggulan perkebunan buah di Kabupaten Lingga, Sabtu (8/10/2016).

SINGKEP BARAT (KP): Bupati Lingga Alias Wello memesan ribuan bibit tanaman buah dari Majalengka, Sabtu (8/10/2016). Bibit buah ini akan ditanam di lahan yang sudah persiapkan di Kampung Tanah Putih, Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga.

Bibit-bibit tanaman buah itu dipesan langsung dari kebun milik Heri di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pasalnya, kebun ini mampu menghasilkan 90 ton buah tiap tahun.

“Bupati Lingga Alias Wello langsung memesan dua ribu batang bibit jambu batu kristal, dua ribu batang bibit jeruk Jepang, seribu batang bibit mangga Irwin, seribu batang bibit mangga gedong gincu, dan dua ratus batang bibit sirsak. Semua bibit ini rencana segera ditanam di Tanah Putih. Lahan yang sudah dipersiakan mencapai sepuluh hektare,” ungkap Greos Sumartana Saragih yang mendampingi bupati dalam kunjungannya.

Sementara itu, Bupati Lingga Alias Wello mengungkapkan, Kepri masih bergantung pada buah-buahan hasil budi daya dari luar daerah dan luar negeri. Bahkan, harganya relatif mahal karena jalur distribusi yang juga mahal. Padahal, buah-buahan merupakan makanan penting untuk memenuhi asupan gizi masyarakat agar sehat dan bugar tiap hari.

“Kami tak bisa menunggu dana APBD Lingga. Harus cepat bergerak. Segera kita tanam agar bisa dicontoh masyarakat. Itu tujuannya,” tegas Awe, sapaan akrabnya.

Diharapkan, tindakannya ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Lingga. Supaya, gerakan menanam sebagaimana yang telah dicanangkan dapat tercapai.

“Masyarakat Lingga dapat memanfaatkan lahan tidur atau minimal pekarangan yang ada ditanami tanaman yang menghasilkan buah-buahan. Saya yakin, hasilnya dapat membantu perekonomian masyarakat,” ucap Awe.

ARIE

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top