Penduduk kian padat

Warga Ganet punya pos Bhabinkamtibmas

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul bersama Wakapolres Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika mengecek Pos Bhabinkamtibmas, Senin (15/10/2018). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Warga Ganet, Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, secara swadaya membangun pos untuk anggota kepolisian yang berpatroli, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Pasalnya, jumlah penduduk sudah mencapai 34.000 jiwa.

Pos Bhabinkamtibmas ini terletak di gerbang Perumahan Griya Hang Tuah Permai, Ganet. Pos ini diresmikan Wali Kota Tanjungpinang, Senin (15/10/2018).

Dalam sambutannya, Lurah Pinang Kencana Syamsul mengungkapkan, luas keluarahan yang dipimpinnya mencapai 25 kilometer persegi. Jumlah penduduk sekitar 34.000 jiwa saat ini. Sedangkan staf kelurahan hanya 17 orang.

“Atas dasar itu, kami berinisiatif bersama ketua RT dan RW membangun Pos Bhabinkamtibmas. Tujuannya untuk menyelesaikan permasalah dan keamanan secara kekeluargaan,” katanya.

Pos ini juga terbentuk atas dukungan donatur, RT, dan RW. Peletakan batu pertama pos ini dilakukan 18 Maret lalu.

Luas bangunan 4×7 yang terdiri dari ruangan anggota Bhabinkamtibmas dan pojok baca. Pojok baca ini belum ada buku.

“Kami berbahagia karena tanah ini dihibahkan oleh perusahaan pengembangan perumahan Sinar Bahagia pada 17 Oktober nanti. Secara fisik, pos ini baru 90 persen karena belum ada teras dan toilet,” ujar Syamsul.

Kesempatan yang sama, Wakapolres Tanjungpinang Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika mengatakan, Pos Bhabinkamtibmas ini yang pertama kali dibangun di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Pos ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberi contoh yang baik kepada masyarakat.

“Dengan adanya Pos Bhabinkamtibmas ini menunjukkan masyarakat peduli dengan keamanan. Bangunan ini didanai dari swadaya masyarakat,” ucapnya.

Masyarakat dapat berembuk dengan anggota Bhabinkamtibmas di pos ini. Diharapkan, pembangunan pos Bhabinkamtibmas dapat memotivasi daerah lain membangun hal serupa.

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengucapkan apresiasi atas pembangunan Pos Bhabinkamtibmas. Pos ini menjadi oleh-oleh bagi Kecamatan Tanjungpinang Timur.

“Ini pertama kali berdirinya Pos Bhabinkamtibmas di Kota Tanjungpinang. Kami menyampaikan terima kasih kepada para para donatur yaitu Pak Suryono, yang telah bergandeng tangan bahu-membahu sehingga terbangun sebuah kantor yang di pinggir jalan,” tutur Syahrul.

Dengan keberadaan pos ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan. Kesejahteraan masyarakat itu juga tergantung pada keamanan wilayah tempat tinggal dimana masyarakat berdomisili.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top