Posyandu Remaja Fresh jadi percontohan

Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang Handayani Ariza saat menyematkan pin kepada remaja yang tergabung dalam Posyandu Fresh, Jumat (14/9/2018). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Posyandu Remaja “Fresh” yang berlokasi di Perumahan Bukit Raya, Ganet, Tanjungpinang Timur, sudah genap berusia satu tahun. Dengan aktivitasnya yang tinggi, posyandu ini dijadikan percontohan Pemprov Kepulauan Riau (Kepri) untuk didirikan di kabupaten dan kota lainnya.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tanjungpinang Handayani Ariza dalam sambutannya, Jumat (14/9/2018), mengatakan, Posyandu Remaja “Fresh” genap berusia satu tahun. Tentu saja, banyak hal yang haris dibenahi.

“Kami berharap posyandu ini bisa lebih maju dan lebih bersemnagata mengikuti kegiatan di posyandu. Posyandu remaja ini yang ada pertama di Provinsi Kepri,” ungkapnya.

Informasi yang diperoleh, Posyandu Remaja juga sudah didirkan di Keluarahan Batu 9. Namun. posyandu itu belum berjalan.

“Posyandu Remaja sangat positif sekali bagi anak-anak. Kegiatan mereka dapat tersalurkan,” sebut Handayani.

Perlu diketahu, sambungnya, Posyandu Remaja “Fresh” ini sudah dijadikan percontohan dan bahan rujukan untuk kabupaten dan kota lainnya. Salah satu contohnya, pihak Pemkab Karimun berkunjung ke Posyandu Remaja “Fresh” ini beberapa lalu.

“Jadi, jangan sampai kita yang jadi percontohan malah mereka lebih maju,” ucap Handayani.

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, Posyandu Remaja ini merupakan jawaban dalam mengisi masa muda. Berbagai kegiatan produktif tersalurkan di posyandu ini.

“Ada juga pengetahuan tentang pencegahan narkoba, HIV, dan reproduksi sehat. Inilah jawaban bagi anak-anak dan remaja di Tanjungpinang,” ujarnya.

Dengan hadirnya Posyandu Remaja ini, program generasi berencana dapat dijalankan nantinya. Dalam program itu, para remaja dibekali ilmu agar tidak terjadi pernikahan dini.

“Saya harap kegiatan di posyandu remaja ini bisa menjadi penangkal kenakalan remaja,” harap Rustam.

Diungkapkannya, posyandu remaja juga pernah dibentuk di tempat lain. Namun, Posyandu Remaja “Fresh” ini yang dinilai berhasil. Hal ini tidak terlepas berkat kerja sama para tokoh masyarakat, camat, RT, dan RW.

“Nama baik Posyandu Remaja ‘Fresh’ ini sudah sampai ke tingkat Provinsi Kepri. Bahkan, pihak kabupaten lain berkunjung ke sini melihat Posyandu Fresh,” puji Rustam.

Ketua RW 11 Perumahan Bukit Raya Almi Fitri mengungkapkan, sekitar 50 remaja aktif mengikuti kegiatan di Posyandu Remaja “Fresh” ini. Mudah-mudahan, kegiatan ini terus berkembang.

“Saya harap Pemko Tanjungpinang melalui wakil walikota terpilih dapat membantu penganggaran Posyandu Remaja. Sebab, Posyandu Remaja dapat menekan kenakalan remaja. Perlu saya ungkapkan, posyandu ini mendapat penilaian dari Pemprov Kepri beberapa waktu lalu,” ucapnya.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top