13 media siber Bengkulu diverifikasi faktual

Tim Dewan Pers saat memeriksa berkas 13 media siber Bengkulu, Jumat (7/9/2018). Foto: Istimewa.

BENGKULU (KP): Sebanyak 13 media siber yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu sudah diverifikasi faktual oleh Dewan Pers. Hal ini merupakan prestasi SMSI Bengkulu dalam mendukung pers sehat berdasarkan regulasi Dewan Pers.

“Meski belum ada setahun, kami pengurus SMSI Bengkulu terus berupaya melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas dan kuantitas media siber anggota SMSI,” kata Ketua SMSI Bengkulu Rahimandani, Jumat (7/9/2018).

Sejak dilantik pada 2 Oktober 2017 lalu, SMSI Bengkulu terus melakukan penataan organisasi. Selain melakukan berbagai program penguatan media dan keprofesian, SMSI juga mendukung upaya Dewan Pers untuk melakukan penertiban terhadap media, salah satunya melalui pendataan dan verifikasi faktual.

“Verifikasi faktual merupakan kewajiban bagi anggota SMSI. Saat ini baru 13 media siber yang tergabung di SMSI berhasil melaksanakan verifikasi faktual,” ungkap Rahimandani.

Ke depan, semua anggota SMSI wajib terverifikasi faktual. Meski tidak bisa langsung semuanya, verifikasi faktual dlakukan bertahap.

“Bagi yang belum siap, kami tunda dahulu,” ucap Rahimandani.

Ketua Tim Dewan Pers Ratna Komala yang melakukan verifikasi faktual bersama timnya mengakui, Provinsi Bengkulu merupakan salah satu contoh pesatnya perkembangan pers online. Perkembangan pers online tersebut tidak dibarengi dengan regulasinya.

“Pesatnya pers online menyebabkan lambatnya verifikasi faktual. Dengan hadirnya organisasi SMSI, kami harapkan akan membantu Dewan Pers dalam melakukan pembinaan kepada media-media dan wartawannya,” ujarnya.

Untuk itu, Dewan Pers akan sering turun ke daerah-daerah dalam rangka melakukan sosialisasi, verifikasi, dan pembinaan kepada media dan insan pers. Dewan Pers terus melakukan upaya perwujudan pers yang sehat, salah satunya dengan mewajibkan pemimpin redaksi wajib lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Utama.

Selain melakukan verifikasi faktual kepengurusan SMSI, dewan pers juga melakukan verifikasi faktual 13 media siber anggota SMSI Provinsi Bengkulu. Verifikasi kepengurusan dan media siber berlangsung pada 6-7 September.

Media siber di Bengkulu yang telah diverifikasi faktual oleh Dewan Pers yaitu, Rmolbengkulu.com, Garudadaily.com, Bengkuluekpress.com, Bengkulutoday.com, Dutawarta.com, Klikwarta.com, Beritamerdekaonline.com, Bengkulunews.co.id, Beritaterbit.com, Nusantaraterkini.com, Pedomanbengkulu.com, Referensipublik.com, dan Bengkuluinteraktif.com.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top