Safari digital

BNPT ajak SMSI tangkal radikalisme

Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen Abdul Rahman Kadir menunjukkan konten digital radikalisme yang muncul di dunia maya kepada pengurus SMSI. Foto: Istimewa.

SENTUL (KP): Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kembali bikin gebrakan. Kali ini, organisasi media siber terbesar di tanah air tersebut menggelar Safari Digital Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Sekjen SMSI Firdaus, Rabu (5/9/2018), mengatakan, Safari Digital merupakan kegiatan silaturahmi SMSI ke sejumlah institusi yang menggunakan konten digital dalam ikhtiar bersama mencerdaskan dan mensejahterakan bangsa.

“Kita jemput bola. Kita datangi mereka satu per satu, berdiskusi, bersinergi, mengedepankan semangat digital, menjauhkan masyarakat dari hoax,” ungkapnya.

Markas Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) di kawasan Sentul, Jawa Barat, menjadi destinasi pertama Safari Digital SMSI. Selain Sekjen Firdaus, tampak pula dalam rombongan Safari Digital Ketua Bidang Organisasi Mursyid Sonsang dan Direktur Pemberitaan SMSI Ramon Damora.

Kesempatan yang sama, Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen Abdul Rahman Kadir mengatakan, pihaknya membuka diri selebar-lebarnya kepada pihak-pihak yang ingin bersinergi. Penangkalan radikalisme dibangun dalam bentuk konten digital.

Secara institusi, BNPT tak bisa berjalan sendiri melakukan agenda kontra-narasi dan kontra-propaganda dalam mengadang arus deras penyebaran radikalisme. Sebab, paham ini menusuk ke hampir semua lini kehidupan berbangsa bernegara.

“Sistem mereka canggih sekali. Bahkan, dunia kampus sebagai basis intelektual nyaris sudah mereka kuasai,” sebut Abdul Rahman.

Sebagai organisasi media siber besar yang memiliki member 400-an perusahaan media online se-Iindonesia, SMSI diharapkan bisa menjadi media-partner BNPT.

“Bantu kami,” imbuhnya.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top