Catur Yogiantoro jabat Danlanal TBK

Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno melekatkan pangkat dan tanda jabatan kepada Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Sabtu (11/8/2018). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro dilantik sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tanjungbalai Karimun (TBK). Tugas Catur tidak ringan karena wilayah TBK memiliki tingkat kerawanan yang tinggi.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno usai pengucapan sumpah dan penyematan tanda jabatan, Sabtu (11/8/2018), mengatakan, serah terima jabatan (sertijab) Danlanal TBK pada hakikatnya merupakan mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi. Sertijab bertujuan mendinamisasikan organisasi di jajaran TNI AL agar lebih mampu menjawab tugas ke depan.

Hal ini tentunya dimaksud agar senantiasa responsif, antisipatif, dan adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis yang terjadi di kawasan jajaran Lantamal IV. Dengan sertijab ini diharapkan dapat terwujud kesinambungan kepemimpinan.

Upacara sertijab sebagai bentuk penghormatan, kepercayaan, dan sekaligus peluang yang harus dimanfaatkan oleh pejabat baru dalam membangun prestasi dan karya nyata yang lebih baik. Terlebih lagi, tantangan tugas yang semakin kompleks dan dihadapkan dengan keterbatasan anggaran tentunya dapat berpengaruh langsung kepada pelaksanaan pemeliharaan dan operasional ke depan. Namun demikian, semua potensi yang dimiliki harus dapat dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin.

“Lanal Tanjungbalai Karimun mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan dukungan logistik serta administratif bagi unsur-unsur KRI, pesawat udara, dan personel TNI AL dalam melaksanakan patroli di perairan. Wilayah Tanjungbalai Karimun memiliki tingkat kerawanan yang tinggi karena terdapat jalur pelayaran internasional yang berbatasan langsung dengan negara Singapura,” sebut Eko.

Untuk itu, Lanal TBK diharapkan mampu melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Tugas-tugas tersebut tidaklah ringan. Danlanal TBK diminta cermat membaca situasi dan menggerakkan semua potensi yang ada sehingga optimal.

“Saya bersama jajaran menyampaikan selamat datang kepada Letkol Laut (P) Catur Yugiantoro. Selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI AL kepada saudara untuk mengemban tugas sebagai Danlanal Tanjungbalai Karimun. Saya percaya dengan berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman, dan berbagai penugasan sebelumnya, saudara akan dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ucap Eko.

Sebagai pengantar tugas bagi Danlanal TBK yang baru, perlu disampaikan beberapa arahan. Pertama, tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika pelaksanaan tugas dalam kehidupan sebagai prajurit, bermasyrakat, dan bernegara.

Kedua, ciptakan lingkungan kerja yang kondusif, aspiratif, dan komunikatif agar seluruh anggota termotivasi untuk memberikan pengabdian terbaiknya. Pedomani dan laksanakan program 100 hari KASL di Lanal TBK dengan sebaik-baiknya.

Ketiga, amankan wilayah perairan yuridis nasional, khususnya di wilayah Lanal TBK dari berbagai macam gangguan. Tindak tegas setiap pelaku sesuai hukum yang berlaku.

Keempat, mantapkan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan instansi pemerintah daerah, sesama TNI, Polri, swasta, dan masyarakat. Kelima, jaga nama baik dan citra TNI. Hindari tindakan dan perbuatan yang tidak terpuji yang merugikan nama baik instansi serta galang kebersamaan dengan sesama TNI dan Polri.

“Kami juga menyikapi situasi nasional dalam menjaga ketertiban dan keamanan daerah masing-masing. Dengan kepercayaan pimpinan TNI AL kepada Letkol Catur, mudah-mudahan Karimun tertib saat proses pemilihan calon legislatif dan Pemilihan Presiden nanti,” harap Eko.

Untuk pelanggaran di laut, Lantamal IV tetap konsisten. Segala bentuk pelanggaran ditindak dan dilanjutkan proses hukumnya.

“Tidak ada tawar-menawar,” tegas Eko.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top