"Imunisasi" karakter

SMA 2 Singkep jalankan Maghrib Mengaji

Para pelajar SMA 2 Singkep foto bersama usai mengikuti program Maghrib Mengaji yang dibuka pada 1 Agustus. Foto: Istimewa.

SINGKEP (KP): Para pelajar SMA 2 Singkep, Kabupaten Lingga, diberi “imunisasi” dalam pembentukan dan penguatan karakter. Pihak sekolah membuka program Maghrib Mengaji yang digelar dua kali dalam seminggu.

“Salah satu hal yang kami lakukan untuk memberikan imunisasi penguatan karakter siswa adalah melalui program Maghrib Mengaji ini. Selain mengoptimalkan waktu mereka, kegiatan yang berlangsung dua hari seminggu ini juga untuk menumbuhkan kemandirian dan integritas peserta didik. Persis seperti amanat yang disampaikan pemerintah,” kata Pembina OSIS SMAN 2 Singkep Syafitriandy dalam keterangan tertulisnya yang dikirim melalui surat elektronik ke Redaksi Koran Peduli, Kamis (2/8/2018).

Program ini dibuka karena pihak sekolah memandang salah satu aspek terpenting dalam pembentukan karakter adalah aspek regiulitas. Sebab, OSIS sebagai tempat pembinaan cikal bakal kepemimpinan siswa harus dikuatkan dengan karakter yang kuat pula.

Agar, para siswa ini bisa bertahan dan tetap berintegritas saat menjadi pemimpin di zamannya. Apalagi, penguatan karakter siswa telah menjadi perhatian serius pemerintah saat ini. Melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 serta Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018, pemerintah berharap salah satu fokus kegiatan pendidikan adalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Kami ingin niat baik pemerintah ini disambut baik oleh seluruh insan pendidikan, termasuk guru di sekolah. Salah satu jalan untuk mengimplementasikannya adalah melalui wadah organisasi siswa di sekolah, seperti OSIS,” jelas guru blogger ini.

Sementara itu, Kepala SMA 2 Singkep Hendy Wijaya menambahkan, penguatan karakter siswa merupakan hal yang terpenting dalam membangun kepribadian siswa, baik penguatan aspek kemandirian maupun integritas siswa.

REDAKSI

Spread the love

*

*

Top