Liburan di Pantai Trikora

Pihak hotel diminta pasang rambu berenang

Seorang wisawatan sedang berselancar layang (surfing kite) di Pantai Trikora, beberapa waktu lalu. Foto: Surya.

BINTANBUYU (KP): Pihak hotel dan resort di sepanjang Pantai Trikora diminta memasang rambu kawasan berenang saat libur Lebaran nanti. Pasalnya, pantai tersebut sering memakan korban.

“Pengunjung yang berenang di Pantai Trikora acap kali menelan korban. Kami minta koordinasi ke pihak-pihak kawasan perhotelan sekitarnya untuk memasang tanda dan rambu pembatas kawasan berenang. Kawasan Pantai Lagoi mungkin tidak memiliki kendala yang berarti,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi di kantornya, Bandar Seri Bintan, Jumat (8/6/2018).

Pihak kepolisian, Dinas Perhubungan Bintan, Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan instansi terkait lainnya diminta membangun posko-posko di beberapa titik-titik rawan. Sebab, kawasan pariwisata Bintan diprediksi ramai saat libur Lebaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira, Sabtu (9/6/2018), mengungkapkan, surat edaran sudah diterbitkan pada Januari lalu. Surat edaran itu ditujukan kepada pemilik atau pengelola usaha jasa, seperti hotel, homestay dan resort.

Surat tersebut terkait himbauan keselamatan berwisata bagi pengunjung. Dalam himbauan tersebut, pengelola usaha jasa pariwisata diminta menyediakan peringatan dan membatasi pengunjung dalam berenang agar tidak terlalu jauh dari sisi pantai.

Jaket pelampung sebagai alat pendukung wisata air juga harus disediakan. Personel medis disiagakan.

Petugas pengawas area pantai atau laut juga harus ada. Nomor petugas darurat seperti PMI, BPBD dan polsek terdekat wajid dimiliki.

“Menghadapi libur Lebaran tahun ini, kami kembali mengingatkan agar hal-hal penting kepada pengelola usaha jasa pariwisata. Hal ini demi mendukung keberhasilan dunia pariwisata,” ujarnya.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top