Masjid Al Jabbar dibangun di Gede Bage

Bentuk Masjid Raya Al Jabbar setelah dibangun nanti di Gede Bage, Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Istimewa.

BANDUNG (KP): Masjid Raya Al Jabbar di Gede Bage, Kota Bandung, Jawa Barat. Masjid ini dibangun atas atas lahan seluas 21 hektare.

Sekretaris Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Mirza Zulhadi dalam siaran persnya, Kamis (31/5/2018), mengatakan, peletakan batu pertama Masjid Raya Al Jabar dilakukan Rabu (25/5/2018) di Gede Bage, Kota Bandung. Diharapkan, masjid ini diharapkan selesai pada 2019. Masjid ini dapat menampung 93.000 jemaah.

“Masjid ini akan menjadi salah satu masjid unik di Jawa Barat karena berada di atas danau retensi. Nantinya, masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah tapi juga menjadi tempat edukasi karena di dalamnya akan dibangun museum sejarah nabi dan sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan Jawa Barat,” ungkapnya.

Masjid Raya Al Jabbar dibangun di atas lahan seluas 21 hektare. Dari luas tersebut, 10 hektare lahan di antaranya memiliki kedalaman 3 meter sebagai danau penampung air yang telah disetujui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan pemerintah pusat. Sisanya, seluas sebelas hektare untuk masjid dan segala kelengkapannya.

Ukuran masjidnya 99×99 yang menyimbolkan jumlah Asmaul Husna. Akan ada empat menara yang dibangun, dimana tiga di antaranya setinggi 33 meter.

“Angka 33 menggambarkan rangkaian wirid tasbih 33, hamdalah 33, dan takbir 33. Jadi 33 dikali 3 menara itu 99. Itu jumlah Asmaul Husna,” jelas Mirza.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top