Dana reklamasi

Awe: Jika ada yang tak beres, saya lapor polisi

Bupati Lingga Alias Wello saat ditemui di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. Foto Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Bupati Lingga Alias Wello (Awe) sedang mencari keberadaan dana reklamasi yang disimpan beberapa bank. Bila dana tersebut tak sesuai dengan yang seharusnya, maka beberapa pihak akan dilaporkan ke kepolisian.

“Saya sudah perintahkan Inspektorat Daerah Lingga untuk mempertanyakan hal ini ke Bank Negara Indonesia. Jika tak ada yang beres, saya laporkan semua ke polisi,” kata Awe saat diwawancarai beberapa hari lalu di Tanjungpinang.

Sejak menjabat sebagai bupati Lingga pada 2016 lalu, Awe hanya mengetahui kalau dana reklamasi itu tersimpan dalam rekening bersama antara bupati dengan pengusaha. Besaran dana reklamasi itu belum diketahui sampai saat ini.

“Saya tak punya catatannya. Rumornya, dana itu sudah ada yang mencairkan,” ungkap Awe.

Diberitakan sebelumnya, dari data yang diperoleh Pemkab Lingga, dana jaminan reklamasi yang dikelola PT Telaga Bintan Jaya sekitar Rp5 miliar. Setelah didata kembali, jaminan reklamasi hanya tersisa Rp263.500.000.

Melihat data ini, surat resmi dikirim Pemkab Lingga ke Pemprov Kepri. Berkurangnya dana reklamasi pascatambang ini akan dipertanyakan aliran dananya.

“Selama kepemimpinan di Lingga, saya tidak pernah memerintahkan pencairan dana reklamasi,” tegas Awe.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top