Sudung: Jaksa harus cerdas tangani korupsi

Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Tindak Pidana Khusus Sudung Situmorang usai sosialisasi di aula Baharuddin Lopa, Kejati Kepri, Kamis (12/4/2018). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Para kepala kejaksaan negeri (kajari) dari empat provinsi dikumpulkan di Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Kamis (12/4/2018). Mereka diberikan “pencerahan” dalam penanganan kasus korupsi.

Para kajari yang dikumpulkan itu berasal dari Provinsi Jambi, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. Mereka menghadiri sosialisasi pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dipimpin Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Tindak Pidana Khusus Sudung Situmorang.

Usai sosialisasi, Sudung mengatakan, para kajari dan tim pidana khusus (pidsus) diberi arahan mengenai perkara yang layak dinaikkan. Makanya, para kajari harus cerdas dan proporsional.

“Harus betul-betul cerdas, apakah kasus korupsi tersebut layak dinaikkan ke penyidikan. Kalau sudah limpahkan ke pengadilan dan divonis, cari apa penyebabnya,” ujarnya.

Jika sudah dicari akar permasalahannya, para kajari diminta menjelaskan hal itu kepada bupati, wali kota, atau gubernur akar permasalahannya. Supaya, tindak pidana korupsi tidak terjadi lagi.

Sebenarnya, tindak pidana korupsi dapat dicegah dengan menandatangani nota kesepahaman dengan tim TP4. Tugas tim yang terdiri dari jaksa Perdata dan Tata Usaha Negara dan Intelijen ini sebagai pendamping dan pengawalan.

SURYA

Spread the love

*

*

Top