Gaji ASN Bintan dibayar non tunai

Bupati Bintan Apri Sujadi didampingi Kepala BPKAD M Setioso saat penandatanganan dokumen, Kamis (5/4/2018). Foto: Istimewa.

BINTANBUYU (KP): Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bintan dibayar dengan cara ditransfer ke rekening masing-masing. Perubahan sistem pembayaran gaji ini guna memudahkan pegawasan keuangan daerah.

“Mulai tahun ini, kami menerapkan pembayaran non tunai untuk seluruh transaksi keuangan daerah. Hal ini sejalan dengan semangat membangun pemerintahan yang bagus dan bersih,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi di kantornya, Kamis (5/4/2018).

Sistem non tunai ini diberlakukan untuk semua jenis pembayaran, termasuk pembayaran gaji pegawai dan honor. Pembayaran non tunai juga berlaku untuk uang perjalanan dinas dan belanja langsung maupun tidak langsung.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M Setioso mengatakan, pemberlakuan aturan tersebut merupakan implementasi dalam memudahkan pengawasan keuangan daerah. Sebenarnya, sistem pembayaran non tunai ini sudah dipraktikkan sejak tahun lalu tapi tidak semuanya.

“Kini, seluruh transaksi penerimaan dan pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara penerimaan atau pengeluaran dan bendahara penerimaan atau pengeluaran pembantu wajib dilakukan secara non tunai,” tegasnya.

Mekanisme transaksi non tunai ini adalah perubahan dari tunai ke mekanisme transfer.

“Untuk nilai belanja satu juta rupiah ke bawah masih akan dilakukan secara tunai. Sedangkan untuk nilai di atas satu juta rupiah harus non tunai,” jelas Setioso.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top