2019, runway Dabo ditambah 200 meter

Bupati Lingga Alias Wello dalam pertemuan dengan mahasiswas asal Lingga dalam refleksi dua tahun kepemimpinan pasangan Awe-Nizar di aula Kantor Koran Peduli, beberapa waktu lalu. Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Landasan (runway) Bandara Dabo di pulau Singkep, Kabupaten Lingga, akan ditambah sepanjang 200 meter pada tahun depan. Penambahan panjang runway ini membutuhkan biayar Rp80 miliar.

Hal itu diungkapkan Bupati Lingga Alias Wello dalam pertemuan dengan mahasiswas asal Lingga dalam refleksi dua tahun kepemimpinan pasangan Awe-Nizar di aula Kantor Koran Peduli, beberapa waktu lalu.

“Jadi, alokasi dana Rp100 miliar bukan untuk Bandara Dabo seperti yang diberitakan. Melainkan, anggaran itu untuk untuk Bandara Letung di Kabupaten Anambas,” katanya.

Karena sampai saat ini, persoalan tanah untuk penambahan panjang runway Bandara Dabo belum diselesaikan Pemkab Lingga. Rencana penambahan panjang runway akan dilakukan tahun depan. Dengan penambangan nanti, maka runway Bandara Dabo menjadi 1.500 meter.

“Kami juga sudah menyerahkan surat tertulis kepada Presiden melalui Kepala Staf Kepresidenan Moedoko. Kami meminta penambangan panjang landasan pacu Bandara Dabo hingga 1.000 meter dari panjang sekarang yang hanya 1.300 meter,” sebut Awe, sapaan akrabnya.

Dengan panjang runway 2.300 meter, maka Bandara Dabo akan dapat didarati pesawat jenis Boeing. Namun, pihak Bandara Dabo ingin runway ditambah hingga 1.300 meter.

Hal itu sesuai peta perencaan yang dibuat pihak bandara. Jika itu tercapai, maka landasan pacu Bandara Dabo menjadi 2.500 meter.

“Pihak Bandara Dabo mengungkapkan jika peralatan navigasi mereka terbaik setelah Batam. Bandara Dabo juga mendapat penghargaan terbaik nasional dalam kategori penerbangan perintis pada 2017,” turur Awe.

SURYA

Spread the love

*

*

Top