IRT diajak tanam cabai di halaman rumah

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan Deby Maryanti (kanan) menyerahkan bibit tanaman cabai kepada anggota PKK sebagai upaya menggalakkan tanam cabai di halaman rumah. Foto: Istimewa.

BINTAN (KP): Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Bintan diajak menanam cabai di halaman rumah. Ajakan ini disampaikan agar IRT dapat mengurangi pengeluarkan di saat harga cabai melambung tinggi.

”Salah satu pemenuhan konsumsi pangan di lingkungan keluarga dapat dilakukan melalui optimalisasi lahan pekarangan dengan memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari, seperti tanaman cabai dan sayur-sayuran. Saat ini, hal itu sangat jarang kita temui,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan Deby Maryanti, Selasa (13/3/2018).

Budi daya cabai di halaman rumah dipastikan dapat menekan permintaan. Sehingga, harga cabai tak lagi mahal.

Untuk diketahui, komoditas cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang fluktuasi di Indonesia. Setiap tahun di bulan tertentu, masyarakat selalu dihebohkan dengan kenaikan harga cabai, baik di pasar tradisional maupun pasar modern.

”Menjelang bulan Ramadhan atau akhir tahun, harga cabai cenderung naik karena permintaan rumah tangga yang tinggi. Dengan Gerakan Pemanfaatan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga, saya harap kebutuahan rumah tangga dapat terpenuhi,” harap Deby.

Sebaiknya, jenis tanaman yang dipilih mampu ditanam di pot vertikal atau bahkan pot gantung. IRT dapat menanam sayuran dan tanaman obat-obatan.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top