DAK diterima Rp69,5 M

OPD Bintan koordinasi dengan pusat

Bupati Bintan Apri Sujadi saat memimpin rapat di kantornya, Bintan Buyu, Jumat (9/3/2018). Foto: Istimewa.

BINTANBUYU (KP): Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bintan diminta rutin berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Koordinasi ini penting agar prioritas pembangunan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp69,5 miliar dapat digunakan dengan maksimal.

“Kami inginkan agar OPD terkait segera melakukan langkah-langkah koordinasi ke pemerintah pusat. Hal ini penting guna percepatan pembangunan daerah,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi saat memimpin rapat di kantornya, Bintan Buyu, Jumat (9/3/2018).

Tahun ini, DAK yang diterima Pemkab Bintan hanya Rp69,5 miliar. Padahal di tahun sebelumnya, DAK yang diterima mencapao Rp84 miliar.

“Terjadi penurunan DAK sebesar 14,5 miliar Rupiah. Saya minta agar OPD Bintan yang terkait segera melakukan koordinasi guna percepatan pembangunan,” ujar Apri.

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.07/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa, maka penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dilaksanakan per jenis per bidang DAK secara bertahap. Tahap pertama paling cepat bulan Februari dan paling lambat bulan Juli sebesar 25 persen dari pagu alokasi.

Tahap kedua paling cepat bulan April dan paling lambat bulan Oktober sebesar 45 persen dari pagu alokasi. Tahap ketiga paling cepat bulan September dan paling lambat bulan Desember.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top