Pemkab Lingga tata fasilitas pulau Berhala

Pulau Berhala, pulau wisata yang dikelola dua pemerintah kabupaten dari dua provinsi yang berbeda. Foto: Istimewa.

DAIK (KP): Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lingga (Provinsi Kepri) menata fasilitas pariwisata di pulau Berhala, Kecamatan Singkep Selatan. Di sisi lain, Pemkab Tanjungjabung Timur (Provinsi Jambi) membangun pelabuhan menuju pulau Berhala.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Jasa Pariwisata Disparpora Lingga Zalmidri, Kamis (8/3/2018).

“Dua pemda ingin membangun pulau Berhala sebagai kawasan pariwisata,” katanya.

Penataan pariwisata pulau Berhala merupakan prioritas pariwisata Lingga pada tahun ini. Pasalnya, nota kesepahaman sudah ditandatangani dengan Pemkab Tanjungjabung Timur.

Anggaran yang disiapkan Pemkab Lingga sekitar Rp2 miliar. Sedangkan anggaran yang disediakan Pemkab Tanjungjabung Timur sekitar Rp3 miliar. Pihak swasta juga digandeng dalam pembangunan pariwisata di pulau Berhala.

“Kami belum tahun anggaran yang disiapkan pihak swasta. Karena dalam waktu dekat, kami akan mengadakan pertemuan lagi di Jakarta,” sebut Zalmidri.

Rencananya, penataan Pulau Berhala yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi itu akan dilaksanakan pada triwulan kedua. Rencana pembangunan fasilitas pariwisata di pulau Berhala antara lain, gerbang masuk, gazebo, taman, loket tiket, dan musala.

“Saat ini, kunjungan wisatawan ke Pulau Berhala cukup banyak. Jika ditata lebih rapi lagi diyakini kunjungan wisatawan domestik dan mencanegara akan meningkat,” ucap Zalmidri.

REDAKSI

Spread the love

*

*

Top