Pilwako Tanjungpinang

Cyber Troops awasi akun berkonten negatif

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro usai kegiatan "Ngobrol Pagi" yang digelar AJI di kedai kopi Abah, Bintan Center, Rabu (28/2/2018). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Unit Cyber Troops (pasukan dunia maya) Polres Tanjungpinang tengah mengawasi aku-akun yang berkonten negatif jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali. Salah satu akun milik pribadi sedang diproses hukum.

“Salah satu akun yang ditangani adalah tentang penghinaan simbol negara. Kasusnya sudah di tahap penyidikan. Tersangka inisial MK dan sudah ditahan,” kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro usai kegiatan “Ngobrol Pagi” dengan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Kedai Kopi Abah, Bintan Center, Rabu (28/2/2018).

Cyber Troops sudah dibentuk dan aktif sebelum Pilkada. Unit ini aktif memantau beberapa akun yang bersifat negatif, mengandung konten SARA, dan menimbulkan dampak atau konflik sosial di masyarakat.

“Jumlahnya cukup banyak,” imbuh Ardiyanto.

Di samping itu, rekan-rekan wartawan juga diimbau menciptakan situasi yang aman. Wartawan harus netral. Laksanakan tugas secara profesional dan proporsional.

“Jangan sampai terpolitisir oleh situasi Pilkada yang sedang berlangsung,” saran Ardiyanto.

Mengenai kegiatan bersama AJI ini, masyarakat diimbau agar cerdas bersosial media. Supaya, kondisi jelang Pilwako kondusif dan aman.

“Acara ini bersifat interaktif. Narasumber yang diundang antara lain pihak KPU, Panwaslu, pejabat SKPD tingkat dua, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, praktisi hukum, akademisi, kejaksaan, dan pasangan calon nomor urut dua,” ungkap Ardiyanto.

SURYA

Spread the love

*

*

Top