Eks kantor PT Timah akan diubah jadi SBC

Bupati Lingga Alias Wello. Foto: Istimewa.

DABO (KP): Bekas kantor PT Timah akan diubah menjadi kawasan Singkep Business Center (SBC) di Kota Dabo. Langkah awal, jalan lingkar akan diaspal di sekitar kawasan ini.

“Tahun ini, kami akan mengupayakan pembangunan jalan terlebih dahulu. Setelah itu, kami akan meningkatkan infrastruktur lainnya demi menjadikan kawasan ini sebagai Singkep Business Centre,” kata Bupati Lingga Alias Wello, Kamis (22/2/2018).

Tahap pertama, jalan beraspal dibangun sepanjang satu kilometer dengan anggaran sekitar Rp3 miliar. Upaya ini merupakan terobosan yang dibuat Alias Wello.

Hal ini guna menjadikan wajah Kota Dabo menjadi lebih baik lagi. Untuk diketahui, Kota Dabo dipenuhi bangunan bekas perusahaan PT Timah. Beberapa bangunan sudah tua dan mulai roboh.

“Nantinya, kawasan ini akan kami jadikan ikon baru Kota Dabo dan Kabupaten Lingga khususnya. Beberapa lokasi strategis sudah mulai kami benahi,” ungkap Awe, sapaan akrabnya.

Beberapa daerah strategis di Lingga dibangun untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Daerah tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal ini terlihat dari beberapa pembangunan yang merata di semua wilayah yang ada di Kabupaten Lingga. Kecamatan Singkep Selatan merupakan daerah terisolasi.

Kini, bangunan megah pengolahan sabut kelapa sudah berdiri. Bangunan ini terus ditingkatkan oleh Dinas Perindustrian Lingga.

Di daerah ini, proyek persawahan dan perkebunan buah-buahan juga sudah dibangun. Di Kecamatan Senayang, Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Lingga sudah berdiri. Pemindahkan kantor ini guna menunjang sektor perikanan.

Area persawahan dan tambak udang juga telah dibangun di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara. Dulu, desa ini dikenal sebagai kawasan terisolasi selama puluhan tahun.

“Pekerjaan ini memang tidak mudah. Tapi, kita sudah mulai bisa melihat beberapa pembangunan di daerah yang dulunya terisolasi. Kota Dabo juga kami benahi menjadi lebih baik lagi sebagai kota terpadat di Lingga,” ucap Awe.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top