350 peserta ikuti Lomba Perahu Jong

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam saat melepas perahu Jong di pantai pulau Keter Laut, Jumat (8/2/2018). Foto: Istimewa.

TELUKBINTAN (KP): Sekitar 350 peserta dari seluruh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti lomba perahu Jong Utara di Pantai Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (8/2/2018). Perlombaan ini merupakan bentuk pelestarian budaya yang telah ada sejak dahulu kala.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam saat membuka Festival Jong Race Utara mengatakan, kegiatan ini merupakan kali kedua digelar Dinas Pariwisata (Dispar). Kegiatan ini akan ditingkatkan lagi dengan menarik peserta lebih banyak.

“Kegiatan ini bukan hanya dapat kita jadikan kegiatan tahunan. Namun, lomba perahu Jong bisa dijadikan ikon pariwisata baru yang dapat menarik ketertarikan para wisatawan yang berkunjung ke Bintan,” terangnya.

Diharapkan, Festival Perahu Jong ini dapat dijadikan sebagai kegiatan tahunan Provinsi Kepri. Supaya, budaya yang memang telah ada sejak dahulu ini dapat lebih dikenal daerah lain.

Sementara itu, Kepala Dispar Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, jumlah peserta yang telah mendaftar sekitar 350 orang. Para peserta datang dari berbagai daerah di Kepri.

“Masih banyak lagi yang ingin mendaftar. Karena terlambat, mereka tidak dapat mengikuti lomba,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Festival Perahu Jong di Kampung Keter Laut ini berjarak tempuh sekitar 500 meter. Perahu Jong tidak dilepas di laut, melainkan di daratan seberang pulau keter.

“Di situlah sebenarnya tantangan dan keunikannya. Peserta harus mampu melewati tantangan yang telah di siapkan oleh panitia,” ucap Luki.

REDAKSI

Spread the love

*

*

Top