Tomas dukung Senayang dipecah jadi tiga dapil

Tokoh masyarakat Kecamatan Senayang Awang Sukowati. Foto: Ardhy.

LINGGA (KP): Kecamatan Senayang direncanakan dibagi menjadi tiga daerah pemilihan (dapil). Selama ini, daerah pemilihan Kepulauan Senayang bergabung dengan pulau Lingga.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Senayang Awang Sukowati, Selasa (8/8/2017), mengapresiasi wacana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lingga membagi (dapil) menjadi tiga wilayah. Hal ini merupakan kemajuan yang patut didukung oleh masyarakat Senayang.

“Dengan Dapil sendiri, keberpihakan para wakil rakyat terhadap pembangunan Senayang akan lebih baik tentunya,” katanya.

Menurut jurnalis senior sekaligus anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pulau Medang itu, pemisahan Dapil menjadi tiga wilayah. Dimana, gugusan pulau Senayang jadi daerah pemilihan baru. Maka dengan otomatis, para wakil rakyat akan muncul dari wilayah tersebut.

“Pemilu yang akan datang adalah kesempatan masyarakat Senayang memilih para wakilnya yang memang siap untuk membangun wilayah Kepulauan Senayang. Jangan seperti sebelumnya, kita pilih dewan orang luar yang tak begitu peduli dengan kemajuan wilayah ini,” ungkap Awang.

Selama ini, daerah pemilihan kepulauan Senayang tergabung dengan pulau Lingga. Sehingga, wakil rakyat yang dipilih kebanyakan berasal dari Lingga.

Wakil rakyat yang dipilih masyarakat Senayang itu akan lebih pro terhadap daerah asalnya ketimbang Senayang. Sedangkan Dabo, Singkep, dan sekitarnya memiliki Dapil sendiri. Wakil rakyatnya juga berasal dari wilayah pemilihan setempat.

Dia berharap, wacana KPU tersebut dapat terealisasi dan berjalan dengan mulus. Sehingga, masyarakat Senayang lebih menikmati dampak dari penyelenggaraan pesta demokrasi pada 2019 mendatang.

“Kalau pemerintah ingin memeratakan pembangunan, cara ini adalah salah satu pendukungnya,” singkat Awang.

Sebelumnya, KPU Lingga mewacanakan perubahan dari dua dapil menjadi tiga. Dapil satu wilayah pemilihannya mencakup pulau Lingga, Selayar. Sedangkan gugusan Kepulauan Senayang dipecah menjadi dua dapil.

KPU beralasan, pemisahan Dapil akan lebih memfokuskan tiap wilayah pemilihan sekaligus. Hal itu juga demi mengatasi kendala rentang kendali wilayah dapil tersebut.

“Masih dalam tahap wacana. Tapi kemungkinan pemisahan dapil ini cukup besar,” kata Effendi, Komisioner KPU Kabupaten Lingga, belum lama ini.

ARDHY

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top